Penyuluhan Pada Pasien di Puskesmas Babakan Madang Bogor Mengenai Penggunaan Obat yang Benar.

Di tulis oleh : Admin 21 Desember 2018


Penyuluhan Pada Pasien di Puskesmas Babakan Madang Bogor Mengenai Penggunaan Obat yang Benar.Dosen Farmasi melakukan penyuluhan penyuluhan terkait penggunaan obat yang benar (DAGUSIBU) kepada pasien yang sedang berobat di Puskesmas Babakan Madang Bogor

yang dipimpin oleh Ketua Tim Sara Nurmala, M.Farm dan Anggota Tim lainnya Rini Ambarwati, M.Si, Apt dan Emy Oktaviani, M.Clin.Pharm., Apt dalam rangka Pelaksanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Pakuan (LPPM UNPAK) yang memfasilitasi para Dosen Unpak untuk menggali Potensi yang dimiliki, Univeritas Pakuan melalui LPPM Universitas Pakuan berkomitmen mengabdikan diri bagi Bangsa dan Negara dan berperan aktif melalui Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya Pengabdian Kepada Masyarakat.

Penyuluhan penggunaan obat yang benar (DAGUSIBU) kepada pasien dinilai sangat penting apalagi untuk masyarakat yang tinggal didaerah pinggiran kota dengan tingkat Pendidikan yang rendah, kurangnya informasi obat yang didapatkan saat menerima obat juga sangat mempengaruhi keberhasilan terapi. Masih banyak masyarakat yang salah dalam hal aturan pakai obat dan indikasi penggunaan obat. Sebagai contoh pada penggunaan obat antibiotik, pasien harus benar-benar paham bahwa antibiotik tersebut harus dihabiskan dan diminum sesuai anjuran dokter misalnya obat diminum 2xsehari, artinya obat tersebut diminum tiap 12 jam sekali karena dalam sehari ada 24 jam.

Masyarakat juga harus memiliki kesadaran untuk lebih kritis ketika menerima obat, mendapatkan informasi obat selengkapnya dari Apoteker. Hal ini penting berkaitan dengan keberhasilan terapi yang akan dijalani. Karena saat ini keinginan masyarakat untuk lebih ingin tahu mengenai obat yang diterimanya ketika berobat sangat rendah.