Visi dan Misi

VISI DAN MISI LEMBAGA PENELITIAN

Visi
Visi Lembaga Penelitian UNPAK adalah terwujudnya Lembaga Penelitian dan Pengembangan Universitas Pakuan yang profesional dan handal, serta mampu memberikan hasil nyata bagi peningkatan kemampuan sivitas akademika, dalam mengabdikan diri bagi bangsa dan negara melaui Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Misi

  1. Melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan dalam bidang :
    - Industri dan Kewirausahaan
    - Kemasyarakatan, Budaya dan Lingkungan Hidup.
    - Sumberdaya dan IPTEK
  2. Melakukan kerjasama penelitian dan pengembangan dengan berbagai pihak dalam lingkungan Universitas Pakuan maupun instansi Pemerintah Daerah dan Pusat, serta pihak swasta maupun industri.
  3. Melakukan pengkajian berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi, serta penerapannya untuk peningkatan kemajuan daerah.
  4. Melakukan diseminasi hasil penelitian dan pengembangan yang telah dilaksanakan, dalam bentuk seminar dan jurnal ilmiah, serta menyelenggarakan seminar nasional, regional maupun internasional.

Tujuan:

  1. Mewujudkan pelaksanaan  penelitian dan pengabdian kepada masyarakat bermutu berbasis Rencana Induk Penelitian (RIP) dan Rencana Induk Pengabdian kepada Masyarakat (RIPPM) sejalan dengan Rencana Inovasi Riset Nasional (RIRN) dan Anggaran Riset Nasional (ARN).
  2. Mengembangkan  sumberdaya peneliti yang bermutu dan pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi unggulan universitas.
  3. Mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat ke jurnal nasional dan internasional dan mengembangkannya dalam bentuk buku ajar.
  4. Memiliki pangkalan data dari hasil kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.
  5. Meningkatkan mutu pelayanan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan industri.
  6. Mengembangkan jejaring di bidang penelitian dan pengabdian pada masyarakat berskala nasional dan internasional.

 

Tugas Pokok dan Fungsi LPPM

Ketua :

    1. Bertanggung jawab penuh kepada Rektor mengenai pengelolaan dan pengembangan LPPM
    2. Berkoordinasi dan melaporkan  segala kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat kepada Wakil  Rektor Bidang Riset, Inovasi dan Kerjasama.
    3. Menetapkan arah dan kebijakan LPPM Universitas Pakuan bagi terwujudnya visi, misi dan tujuan Unpak.
    4. Menyusun, merencanakan, mengembangkan dan mengendalikan seluruh sumber daya dan sarana prasarana  LPPM.
    5. Menyusun program kerja bidang penelitian, pengabdian pada masyarakat dan bidang publikasi dan haki yang sedang dilaksanakan sedang dan akan dilaksanakan.
    6. Mengkoordinasikan kegiatasn Litabmas seluruh prodi dan fakultas serta unit-unit yang relevan.
    7. Memimpin rapat-rapat rutin dengan para kepala pusat dan staf tata usaha.
    8. Mempublikasikan dan melakukan sosialisasi kepada civitas akademika tentang program LPPM.
    9. Menjalin kemitraan dengan institusi/lembaga pemerintah dan Perguruan Tinggi lainnya, industri dan perorangan
    10. Merancang seminar, workshop dan proposal penelitian kolaborasi multi disiplin yang berorientasi paten.


Kepala Pusat Penelitian, Pengabdian pada Masyarakat, Publikasi dan Kekayaan Intelektual :

  1. Membantu dan mewakili Ketua LPPM bila berhalangan dalam menjalankan tugasnya.
  2. Membantu Ketua dalam menjalankan program kerja LPPM.
  3. Membantu menyusun laporan tahunan kegiatan LPPM.


1. Kepala Pusat Bidang Penelitian

A.Internal  
1. Mengkoordinir penelitian di fakultas/prodi dan unit-unit penelitian.

2. Membantu meningkatkan mutu penelitian dengan mengadakan penataran &  kegiatan ilmiah untuk diseminasi dan pembahasan hasil  penelitian.

3. Membantu menanggulangi masalah-masalah dalam pelaksanaan penelitian di fakultas/prodi dan unit-unit.

4. Menilai usulan yang masuk sesudah disaring di fakultas, dilihat dari segi mutu penelitian dan anggaran.

5. Membantu kerjasama antar dosen dan antar unit/Fakultas untuk melakukan kajian-kajian lintas disiplin.

B.  Eksternal

1. Mendapatkan informasi yang berkaitan dengan penelitian, misalnya dari Kemenristekdikti tentang Hibah DRPM, juga dengan Litbang  instansi pemerintah, CSR Perusahaan, Insinas,      LPDP dan lainnya

2. Mengembangkan jejaring penelitian bersama dengan Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia dan internasional.

 

2 . Kepala Pusat Bidang Pengabdian Pada Masyarakat

A.  Internal

1. Membantu Fakultas/Prodi dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat agar mendapatkan sasaran yang tepat & berjangka panjang.

2. Mengembangkan program-program intervensi dan penguatan masyarakat kurang mampu sekitar kampus.

3.  Mengembangkan kemampuan mahasiswa dan dosen dalam pembangunan masyarakat (Community Development).

B.  Eksternal

1. Mendapatkan informasi yang berkaitan dengan penelitian, misalnya dari Kemenristekdikti tentang Hibah DRPM, juga dengan Litbang  instansi pemerintah, CSR Perusahaan, Insinas, LPDP dan lainnya.

2. Mengembangkan program-program pelatihan & pendidikan (kursus) bagi peningkatan kapasitas masyarakat Jabodetabek.

3. Mengembangkan kerjasama dengan pihak-pihak seperti Litbang  instansi pemerintah, perusahaan-perusahaan swasta dan lainnya.

4. Mengembangkan intrvensi-intervensi khusus dalam rangka pengentasan kemiskinan atau tanggap keadaan gawat darurat.

 

3.Kepala Pusat Bidang Publikasi dan Kekayaan Intelektual

  1. A.  Internal

1.Membantu peneliti dalam mempublikasikan  hasil penelitian ke jurnal nasional dan internasional, prosiding dan lainnya..

2.Membantu peneliti mendapatkan hak kekayaan intelektual dan paten dari hasil penelitiannya.

3. Membuat data base penelitian dan pengabdian pada masyarakat dari dosen dan mahasiswa di lingkungan Universitas Pakuan.

4. Melaksanakan  pelatihan-pelatihan yang terkait dengan pengembangan OJS (Online Journal System) di setiap prodi di fakultas.

5. Membantu publikasi buku-buku ajar dan lainnya.

Staf Tata Usaha :

  1. Menata dan mengkoordinasikan manajemen teknis administrasi di LPPM
  2. Melaksanakan urusan kesekretariatan di LPPM berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  3. Menyusun konsep dan usulan pengadaan barang dan pengarsipan sesuai dengan data dan informasi sebagai  bahan masukan bagi ketua LPPM.
  4. Membantu mengelola pemasukan dan pengeluaran keuangan LPPM.