Pemberdayaan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Peternak Puyuh melalui Kegiatan Iptek bagi Masyarakat (IbM) di Kabupaten Bogor

Di tulis oleh : Admin 06 September 2017


Program pemberdayaan UKM peternak puyuh ini dipimpin oleh Fredi Andria, selaku Ketua Tim (Dosen Fakultas Ekonomi), bersama anggota tim E. Mulyati Effendi (Dosen FMIPA), Aries Maesya (Kaputik/Dosen FMIPA), serta mahasiswa D3 Teknik Komputer.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari salah satu Hibah IbM dari Kemenristekdikti yang berhasil diperoleh oleh Universitas Pakuan, dengan tema “Otomatisasi Mesin Penetas Telur Puyuh Berbasis Mikrokontroler, Optimasi Pembibitan, Produksi dan Pemasaran”.

Para mitra peternak puyuh Oyok Husaeni (Cibungbulang) dan Djaya Marlan (Ciampe) yang dipilih kemudian diberi bantuan barang dan produk IbM berupa : mesin tetas telur otomatis, kandang puyuh produksi, vitamin dan obat-obatan, serta pelatihan teknis detail secara berkelanjutan melalui monitoring dan pendampingan.

Selain pelatihan informal di lokasi mitra maupun di lokasi APN (Andria Puyuh Nusantara) peternakan puyuh milik Ketua Tim IbM, untuk memperluas kemanfaatan kegiatan ini, Tim IbM juga melakukan pelatihan formal beternak puyuh di Balai Desa Setu Kecamatan Jasinga, pada tanggal 20 Agustus 2017 dengan jumlah peserta +/- 25 orang.
Pelatihan formal ini dilaksanakan sesuai permintaan kepala Desa Setu (ibu Esa Asmarini, Amd.), yang melibatkan para mitra terpilih dan warga setempat.

Melalui kegiatan ini diharapkan dapat meningkatan keterampilan mitra dan warga masyarakat dalam beternak puyuh (mengingat masih luasnya potensi pasar yang tersedia) untuk memproduksi hasil ternak puyuh dan produk turunannya, guna peningkatan usaha dan taraf ekonomi mereka.