Kolaborasi D3 Teknik Komputer dan Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor dalam Ipteks bagi Masyarakat (IbM)

Di tulis oleh : Admin 06 September 2017


Dosen D3 Teknik Komputer dipimpin oleh Ketua tim Eneng Tita Tosida, anggota tim M Iqbal Suriyansyah, dan mahasiswa D3 Teknik Komputer berkolaborasi dengan salah satu dosen Sekolah Tinggi Pariwisata Bogor Agung Djati Walujo dalam kegiatan Iptek bagi Masyarakat “Penguatan Keberlanjutan dan Pencitraan Kearifan Lokal Eko-edu Wisata Situ Gede.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Hibah IbM dari Kemenristekdikti yang berhasil diperoleh oleh program D3 Teknik Komputer. Kegiatan ini dilakukan melalui proses pelatihan re-inventarisasi  potensi dan kreasi paket wisata Situ Gede, dilanjutkan dengan pelatihan desain media promosi.

Masyarakat Situ Gede yang diwakili oleh Karang Taruna, PKK dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat sangat antusias mengikuti pelatihan. Pelatihan tersebut didukung oleh 50% peserta yang telah memiliki kemampuan dasar komputer dan 30% telah memiliki kemampuan dasar desain.

Peserta yang berjumlah 12 orang telah menunjukkan hasil pelatihan yang cukup baik, karena pelatihan dilakukan secara bertahap. Tahap pelatihan awal mengenai potensi wisata dilakukan di Aula Kelurahan Situ Gede, sedangkan tahap berikutnya mengenai desain media promosi dilakukan di Lab D3 Teknik Komputer. Pelatihan awal dilakukan mulai 15 Juni 2017 dan terus berlanjut dengan kegiatan monitoring serta pendampingan.

Melalui kegiatan IbM ini  diharapkan masyarakat Situ Gede dapat mengoptimalkan aset wisata Situ Gede menjadi Eko-edu Wisata yang berkontribusi bagi masyarakat sekitar.