Penelitian atau Kajian

1. Sosok kepemimpin di daerah yang menjadi panutan masyarakat, berjiwa pamong
Hasil kajian adalah: Mengetahui sosok pemimpin yang sesuai dengan keinginan masyarakat dan dapat dijadikan sebagai panutan karena memiliki jiwa “Pamong”, sehingga dalam pengisian jabatan di lingkungan Pemda disesuaikan dengan kondisi tersebut.

2. Penguatan kota / Kabupaten melalui penguatan pemberdayaan kelurahan/desa
Hasil kajian adalah: Pemetaan mengenai potensi kelurahan/desa baik aparat kota/desa maupun masyarakat di kelurahan/desa, sehingga kelurahan/desa yang bersangkutan mampu mandiri.

3. Masukan Metoda Peningkatan Pengelolaan Anggaran Daerah untuk diterapkan dalam peningkatan Perencanaan dan Pelaksanaan Anggaran Daerah serta Sistem Akuntansi Keuangan Daerah
Hasil kajian adalah: Memperkuat, memperkaya dan mengembangkan aparat pemerintah dalam peningkatan pengelolaan anggaran sejak pengajuan sampai penyusunan pertanggung jawaban yang terbentuk dalam sistem keuangan daerah.

4. Manajemen Pemerintahan Daerah yang Bersih dan Kuat
Hasil kajian adalah: Sistematika manajemen pemerintahan daerah yang apik, tertib, bersih dan kuat serta bertanggungjawab, yang dapat diangkat sebagai budaya pengelolaan pada setiap lini pemerintahan kota/kabupaten.

5. Peningkatan Kualitas Kesejahteraan Masyarakat yang menyangkut Pendidikan, Kesehatan dan Lingkungan
Hasil kajian adalah: Pemetaan kondisi masyarakat dalam hal pendidikan, kesehatan, serta lingkungan, sehingga dalam penataan dapat dilakukan pembinaan secara komprehensif,. Hasil kajian menunjang peningkatan kualitas kesejahteraan masyarakat.

6. Pemanfaatan Informasi Teknologi khususnya “Online”
Hasil kajian adalah: Pemetaan mengenai kemampuan aparat pemerintah dalam menghadapi kemajuan teknologi agar dapat mempercepat penyelesaian tugas dalam pemanfaatan waktu yang relatif singkat, sehingga jarak wilayah tidak lagi menjadi hambatan. Dan pengendalian dapat dilakukan dengan efektif dan efisien.

7. Peta untuk Rencana Tata Ruang Wilayah yang berbasis kesepadanan Potensi Wilayah, kondisikependudukan, sosial-ekonomi-budaya-hukum yang akurat dan lengkap
Hasil kajian adalah: Pemetaan mengenai potensi desa secara menyeluruh dan pemetaan potensi desa yang sepadan dengan desa lainnya, sehingga tata ruang wilayah Kabupaten Bogor teratur, tertib, rapi dan asri, yang dapat dijadikan percontohan bagi pemerintah daerah lainnya, disamping penajian informasi yang akurat mengenai kependudukan, sosial, ekonomi, budaya, serta hukum yang dapat dipergunakan semua fihak yang berkepentingan dengan tingkat kebenaran yang baik.

8. Menggali Potensi Wilayah untuk Kemakmuran Wilayah melalui Keterkaitan industri besar dengan perusahaan kecil / industri rumah tangga melalui program “Bapak Angkat”, baik untuk barang maupun jasa
Hasil kajian adalah: Pemetaan mengenai kondisi industri besar dan perusahaan-perusahaan kecil yang dapat dikaitkan dengan sistem “Bapak Angkat” untuk semua macam produk, baik barang maupun jasa, sehingga kemakmuran bersama dapat diwujudkan.